Tips : Mengatasi Laptop Hibernating atau sleep dan tidak mau hidup di layar

Cara menghilangkan Hibernate pada Laptop-  Saat sobat tidak menggunakan laptop atau komputer dalam jangka waktu lama tetapi laptop dalam keadaan hidup tentunya laptop akan mengalami yang namanya mode sleep atau mode hibernate.

Sleep mode adalah fitur yang ada pada komputer atau laptop dengan sistem windows di mana sebuah komputer hidup tetapi tidak di gunakan dan akan otomatis mematikan proses-proses yang berjalan pada komputer tersebut, Sleep mode pada komputer berguna untuk menghemat energi dan kerja komputer, layaknya manusia butuh istirahat atau tidur, begitulah kira-kira pengertian dari sleep mode.

Sementara Hibernate Mode lebih mirip seperti Sleep mode namun Hibernate mode seperti mematikan komputer atau laptop kita, Hibernate mode akan menunda proses-proses kerja komputer dan seperti mematkan komputer tetapi anda tidak akan kehilangan proses kerja tersebut saat kamu menghidupkan komputer atau laptop tersebut.

Khusus pada laptop bisanya hibernate akan terlihat waktu laptop tersebut kehabisan batrei dan laptop sudah telanjur mati, dan ketika kamu menancapkan charge pada laptop dan menghidupkan kamu akan ada pilihan System resume atau start normally , dan jika dalah keadaan normal hibernate tidak akan otomatis kecuali kita memerintahkanya sendiri. di menu all program.

# Baca selengkapnya : Pengertian sleep dan hibernate mode pada windows

Permasalahan Kali ini adalah saat komputer atau laptop kita mengalami hibernate atau sleep tetapi pada saat di hidupkan tidak bisa tampil pada layar, atau hanya ngeblank hitam saja pada layar laptop
 
Masalah ini terjadi mungkin di karenakan beberapa eror atau memang ada driver yang tidak terinstall dengan baik, walaupun di ulang-ulang terus dan saat kita menghidupkan laptop dari mode hibernate akan terjadi masalah yang terulang kembali. 
 
Ada kemungkinan memang masalah ini di karenakan memang bug atau masalah dari windows yang tidak terselesaikan bahkan oleh pihak microsoft sendiri. 
 
Jadi untuk solusi memperbaiki tidak ada. tetapi kita bisa mencegahnya agar laptop atau komputer kita tidak masuk dalam mode sleep atau hibernate ini.

Jika laptop kita sudah terlanjur masuk dalam mode hibernate dan sudah tidak bisa di hidupkan solusinya kita harus mematikan secara paksa komputer atau laptop kita
 
Sebenaranya cara ini tidak di sarankan jika di lakukan berkali-kali, di karenakan mematikan komputer secara paksa kemungkinan besar akan merusak hardisk dimana anda menyimpan data. tetapi jika memang sudah terkena penakit ini tentu saja kita harus melakukanya.

Cara Memperbaiki Laptop Hibernate dengan Mematikan Paksa

Berikut ini adalah cara memperbaik laptop atau komputer yang sudah terlanjur hibernate dan tidak bisa hidup atau tampil pada layar saat kita akan menghidupkan laptop. silakan simak di bawah ini.
  • Matikan Laptop/komputer dengan menekan tombol power sampai laptop benar-benar mati, akan berbunyi klak hardisk karena di matikan secara paksa.
  • saat menekan tombol power kira-kira sekitar 15-20 detik tidak hanya menekan sebentar saja, karena jika hanya di tekan sebentar laptop atau komputer tidak mati.
  • Cabut aliran listrik yang ada pada komputer, kabelnya berwarna hitam, yang terletak pada power supply yang menyambung pada stop kontak.
  • Jika Laptop cabut charger yang menempel, dan juga battery yang menempel karena battery juga merupakan sumber listrik.
  • Setelah di cabut silakan pasang kembali battery, charger, kabel power komputer atau sumber listrik yang telah di cabut tadi, dan silakan hidupkan kembali komputer.
  • selesai.. komputer sudah menyala dengan normal.
Setelah komputer hidup Normal tentu saja kita harus merubah pengaturan yang ada windows tersebut untuk menghilangkan hibernate mode, supaya kejadian tersebut tidak terulang lagi. 
 
Dengan mematikan mode sleep atau hibernate anda jadinya tidak menghemat energi karena walaupun komputer di tinggal dan tidak di pakai komputer akan tetap menyala dengan normal.

Cara menghilangkan Hibernate/sleep pada Laptop/komputer

Cara menghilangkan Hibernate pada laptop atau komputer sebenarnya sama saja, mungkin hanya akan sedikit berbeda bila windowsnya berbeda, contoh saja jika windows 8 dan windows 7 nantinya akan terlihat beberapa pengaturan yang sedikit berbeda tampilanya. untuk windows 8 sobat bisa membaca tutorialnya di link di bawah ini.
 

Cara mengatur agar agar laptop tidak hibernate bisa anda ikuti di bawah ini.

  • Jika sobat pengguna Laptop sobat bisa langsung melihat icon battery yang ada pada bawah kanan layar laptop anda. klik saja tombol tersebut.
  • setelah itu klik  power option , pilih balanced, dan klik change plane setting.
  • setelah itu pilih change advanced power and setting. ada tiga settingan pada menu sleep  kamu pilih never. dan sebelahnya juga never.

    laptop hibernate sendiri
  • Seperti gambar di atas proses pengaturan sudah selesai.
** jika pada komputer sobat bisa masuk dari menu start , lalu pilih control panel, Hardware and Sound, Power Options, pilih Balanced dan keumudian lanjutkan dengan pilih Change plan settings.
Lanjutkan dengan memilih Change advanced power settings.


47 komentar untuk "Tips : Mengatasi Laptop Hibernating atau sleep dan tidak mau hidup di layar"

Comment Author Avatar
Thank's atas ilmunya gan Alhamdulillah laptop sy normal kembali setelah sy mengikuti arahannya.
Comment Author Avatar
tapi gimana caranya mau hidupin labtopname klo tombol on di tekan gak bunyi dan lampu lednya masih tetap nyala
Comment Author Avatar
nekanya kurang lama mbak... di coba lagi itu untuk mematikan paksa... tapi ada resiko hardisk yang rusak atau eror jika terjadi berulang-ulang
Comment Author Avatar
Alhamdulillah...tmpilannya normal kembali setelah td smpat hibernate,mkasih infonya gan
Comment Author Avatar
Big thanks akhi.
Comment Author Avatar
sama sama akh... senang bisa membantu
Comment Author Avatar
Terima kasih banyak...
Sangat membantu sekali
Comment Author Avatar
kalo batrenya tanam gimana ka huhu, aku harus bagaimana ini udh 5 menit hibernating terus..
Comment Author Avatar
coba di tekan tombol powernya agak lama dek.. sampai bsa di pastikan itu benar" mati.. tapi resiko bisa rusak hardisknya tapi sekali saja mungkin tidak apa" setelah bisa di pastikan benar-benar mati silahkan langsung di hidupkan kembali..
Comment Author Avatar
Sempat deg2an..alhamdulillah berhsil
syukron jazakallah
Comment Author Avatar
Sempat deg2an..alhamdulillah berhsil
syukron jazakallah
Comment Author Avatar
Kak kok lptopnya preparing windows trs yaaaa
Comment Author Avatar
ungkin itu windowsnya rusak karena di matikan paksa... coba di bawa e toko kompter saja.. supaya gak terlalu bingung dan takut
Comment Author Avatar
Brati gak bakal bisa disleep dong ya? Sayang batre pdhal
Trus klo ngidupin matiin terus jg kan gmn gitu
Comment Author Avatar
jadi pilihanya yang rusak mau hardisk atau batre gitu aja kok.. kalau saya milih batre aja karena kalau hardisk eman eman datanya hehe
Comment Author Avatar
Terima kasih kak,,sangat membantu
Comment Author Avatar
Terimakasih infonya. Alhamdulillah laptop sy kembali normal.
Comment Author Avatar
Makasih kak infonya
laptopnya kembali normal lg
Comment Author Avatar
Ka inI tiba2 hibernating gini paada saat di hidupin laptopnya, itu knpa ya ka,,? Gara2 appa gtu,,?😢
Comment Author Avatar
mungkin ada masalah pada penginstalan windowsnya gan
Comment Author Avatar
Mau nanya, gue baru bget beli laptop tp udah lgsg dpet problem hibernate trus gamau nyala lg jd harus matiin paksa pake cara tekan power.
Klo kaya gtu wajar ga ya gan?
Comment Author Avatar
itu tidak wajar gan, agan bisa chek di tempat agan beli laptop untuk solusinya, karena laptopnya baru, mungkin ada kesalahan pada saat penginstallan
Comment Author Avatar
Terimakasih kak atas infonya alhamdulillah bermanfaat banget
Comment Author Avatar
Kak,laptop saya batrai tanam sudah di tekan 1menitan tapi led tetap menyala
Comment Author Avatar
berarti ada yang eror dengan mesinya.. mungkin sebaiknya di biarkan saja sampai baterai habis, atau mungkin saja hal itu bukan hibernating tapi meman laptopnya ngeblank...
Comment Author Avatar
sangat membantu.sudah 2hari laptop saya hibernating dengan ada nya artikel ini kini laptop saya hidup kembali.terimah kasih gan.
Comment Author Avatar
Makasih gan laptop saya terselamatkan
Comment Author Avatar
Udah ane coba gan tapi tetep hibernasi gemana ya.??
Comment Author Avatar
Kok g berhasi y....
Sdh sy matikan paksa n ketika dhidupkan lg g bs nyala
Comment Author Avatar
mungkin itu windowsnya rusak gan
Comment Author Avatar
Makasih gan tutonya sangat membantu
Comment Author Avatar
Ya allah alhamdulillah, terima kasih banyak, akhirnya ni laptop mati juga.
Comment Author Avatar
Wahhh makasih kak, aku kelamaan dalam mode hibernate kak. 2 harian, dan boom disaat aku ada test dan makalah aku belum dicopy aku panik bangettt laptotnya blank.makasih infonya kak, sangag membantu, dan ini udah malam lagi. 😊
Comment Author Avatar
Klo automatic repair itu knpa ya
Comment Author Avatar
bisa jadi windowsnya rusak , coba di repair dulu. nanti kalau masih bisa di perbaiki, bisa hidup kembali
Comment Author Avatar
Bang, klo mau tetap pake mode sleep otomatis,cara benerin biar hidupkanny mudah tggl klik keyboard gitu gimn ya

Berkomentarlah dengan Baik dan sopan, Jadikan diskusi yang baik, Terimakasih atas partisipasinya.