Fungsi Baterai Cmos Pada Komputer Serta Ciri-Ciri Jika Baterai Habis

Baterai CMOS mengacu pada memori kecil pada motherboard PC yang digunakan untuk menyimpan pengaturan BIOS, batrrey cmos ini bentuknya ada yang kecil dan besar, tergantung nantinya akan di pasang pada matherboard kecil atau besar, bisanya pada netbook atau laptop ukuranya kecil tapi itu tidak sepenuhnya karena sering pula saya menemukan matherboard laptop yang juga menggunakan battery cmos dengan ukuran standar yang di gunakan pada matherboard komputer.

Battery ini sangat penting fungsinya, karena jika tidak ada battery otomatis pengaturan yang ada pada bios akan selalu merest ulang seperti saat bios yang di pasang pada matherboard  baru di pasang pada saat pertama kali di buat, seperti tanggal, bulan dan tahun, booting device dan lain sebagainya.

Jenis Battery Cmos


Jenis-jenis battery cmos sebenaranya hanya dua macam di lihat dari bentuk ukuranya, ada yang kecil dan besar, untuk battery cmos besar bisanya sangat mudah di cari, anda bisa mencarinya di toko-toko komputer atau di toko jam, berbeda dengan battery cmos ukuran kecil setahu saya battery itu cukup sulit di cari, di karenakan memang jarang sekali mengganti battery cmos pada laptop atau netbook yang menggunakan battery jenis yang kecil ini.
Ciri ciri baterai cmos habis

Harga Battery Cmos

Harga battery Cmos yang di pasang pada komputer yaitu yang ukuran besar standar berkisar antara Rp.10.000 sampai Rp.20.000, tetapi untuk yang ukuran kecil saya kurang paham harganya berapa karena jarang sekali yang menggnati.

Pada komputer bisanya battery cmos secara dalam waktu tertentu harus mengganti battery cmos, cara menggantiny cukup mudah, anda hanya harus mencari letak battery cmos yang ada pada matherboard komputer dan silahkan ada cobot dengan memencet besi penjepitnya atau bisa menggunakan obeng minus untuk mencungkilnya, ingat lakukan hal ini dengan keadaan semua kabel sumber listrik tercopot semua.

Ciri-Ciri Battery Cmos Habis


Apakah yang terjadi jika baterai cmos di dalam mainboard tidak berfungsi?  Jawaban dari pertanyaan ini tentu saja sangat mudah untuk di jumpai jika memang kita menemui sebuah komputer yang sedang kehabisan battery pada cmosnya, pernahkan teman-teman menemui tulisan ini pada saat menghidupkan komputer "cmos checksum error - defaults loaded" Selain eror dengan tulisan tadi tentunya masih banyak lagi yang tanda-tanda bahwa battery cmos yang ada pada komputer kamu sudah habis atau rusak, semisal Pengaturan tanggal dan waktu yang selalu mereset ulang, dan akhirnya saat kamu berselancar diinternet sering terkena eror "your connection is not secure" dan tanda-tanda selanjutnya adalah pengaturan bios yang selalu mereset ulang, walaupun sudah kita atur bios sedemikian rupa, booting sudah benar tetapi saat kita mematikan komputer dan kita mencabut aliran listrik yang ada komputer nantinya pengaturan bios akan kembali seperti semula.

Dari eror-eror yang di sebabkan battery cmos habis banya sekali mungkin temen-temen yang kebingungan bagaimana cara mengatasinya, dan hal tersebut cukup membingungkan bukan..?

Perbedaan Battery Cmos Habis, Rusak dan Bios yang rusak.

Battery cmos atau rusak mungkin solusinya cukup mudah, anda hanya perlu mengganti baterai tersebut, tetapi kadang ada pula yang memang tanda-tandanya sama dan ternyata bukan baterai cmos yang habis tetapi memang Biosnya yang sedikit eror, bisanya jika bios rusak matherboard komputer tidak akan menampilkan apa-apa tetapi kadang ada pula yang biosnya eror tetapi masih bisa tampil tetapi tidak bisa menyimpan pengaturan bios walaupun sudah di ganti dengan battery cmos yang baru.

Cara mengatasi Bios yang rusak adalah dengan melakukan flash bios, flash bios ini ada berbagai macam cara, tetapi kadang tidak berhasil dan malah membuat matherboard mati total, saya sarankan untuk melakukan flash di tempat servis komputer di dekat rumah anda.

Itulah sedikit hasil coret-coret pengalaman saya saat mencoba mengatasi tanda-tanda battery cmos yang habis, mungkin bisa membantu teman-teman yang mempunyai masalah yang sama. semoga bermangfaat jangan lupa untuk berbagi. 

Terimakasih sudah mampir..

Posting Komentar untuk "Fungsi Baterai Cmos Pada Komputer Serta Ciri-Ciri Jika Baterai Habis"