Cara melihat spesifikasi komputer di windows dengan mudah

Sebuah komputer atau laptop tentu mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda, tentu saja dari spesifikasi tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing, oleh karena itu kita harus bisa mengetahui spesifikasi komputer secara menyeluruh, untuk melihat spesifikasi laptop atau komputer ada dua cara yaitu manual dari windows dengan melihat satu persatu hardware yang ada, atau dengan menggunakan sebuah software gratis, yaitu cpu z, dengan menggunakan aplikasi ini lebih mudah karena dengan hanya meninstall aplikasinya langsung bisa melihat spesifikasi komputer yang diinginkan, tetapi jika kita ingin membeli sebuah laptop tentunya kita tidak bisa menginstall sebuah aplikasi, jadi kita harus menggunakan cara manual satu persatu, disini saya akan bagikan cara tersebut secara rinci supaya bisa sobat praktekan satu persatu dengan mudah. 

Sebelum agan membeli sebuah komputer tentu agan ingin tahu spesifikasinya bukan, karena dengan melihat spesifikasi agan bakalan tau cara membedakan performa komputer yang spesifikasinya rendah dengan spesifikasi yang biasa-biasa saja, untuk itu artikel ini akan saya tulis.
oke agan semua kali ini saya akan share bagaimana caraya melihat spesifikasi komputer, cara mengetahui spesifikasi komputer sangatlah mudah, ada beberapa aspek yang harus agan tahu sebelum membeli sebuah k


omputer . berikut ini spek dan spesifikasi yang harus agan tahu :

  1. Prosesor.
    Prosesor adalah  komponen komputer yang merupakan sebagai otak yang menjalankan proses dan pengendali kerja komputer yang berfungsi untuk menentukan kecepatan performa dari sebuah komputer, satuan prosesor adalah ghz atau mhz semakin tinggi ukuran ghz atau mhznya maka akan semakin bagus.
    untuk mengecheknya sebagai berikut :
    >>klik start program
    >>lalu klik kanan my computer dan distitu ada tampilan spesifikasi komputer tersebut.
  2. RAM (Random Acces memory)
    Ram adalah hardware yang berfungsi 
    mempercepat pemrosesan data pada komputer, satuan ukuranya adalah megabit. gb, semakin tinggi ukuranya semakin bagus.
  3. Mainboard.
    mainboard adalah mesin dari komputer tersebut.
  4. Hardisk.
    Hardisk merupakan sebuah hardware yang berfungsi sebagai memory data atau untuk menyimpan file-file.
    semakin besar hardisk akan semakin bagus, tapi ingat sesuakan kebutuhan karena memngingat harga.
  5. VGA.
    untuk hardware yang satu ini hanya khusus yang spek tinggi biasanya untuk desain dan game vga sangatlah di perlukan, tap kalau hanya untuk pengetikan kantoran memakai vga bawaan main boarsaja sudah cukup.
  6. Power suplly.
    Power suplly adalah hardware yang bertugas untuk membagi power listrik pada sebuah komputer, untuk game power suplly true power lebih saya recomendasi, karena truepower lebih stabil dan lebih bagus.
  7. LCD, Keyboard, Mouse, casing
    untuk hardware yang ini mungkin hanya tambahan mengingat hardware ini ada di luar dan bisa di lihat mungkin agan semua bisa melihat bagus atau tidaknya hardware tersbut dengan merek-mereknya.
CARA CHEKNYA SEPERTI DI BAWAH INI.
  1. klik start program
  2. klik kanan my computer. dan klik properties. pada jendela tersebut sudah terlihat prosesor dan ram.
  3. lalu cari tulisan atau device manager.dan klik tombol tersebut.
  4. maka akan tampil seluruh hardware berupa driver dan lain-lain, untuk mencari hardisk biasanya ada tulisan HDD/sata/ide.... pada tulisan awalnya.

nah itu untuk secara manual, agan juga bisa mengechek spesifikasi komputer dengan menggunakan CPU Z.. yang bisa agan download disini

cara melihat spesifikasi komputer melalui cmd.

cara ini cuku mudah di lakukan, tetapi tidak semua hardware yang ada bisa teridentifikasi pada cara ini, caranya cukup mudah anda langsung saja masuk jendela Run dengan menekan tombol windows +R pada keyboard, jika sudah langsung saja ketikan dxdiag selanjutnya akan tampil jendela dxdiag yag menampilkan spesifikasi prosesor, ram dan lainya.

itulah agan Tips tentang cara melihat spesifikasi komputer di windows, cara ini bisa di guakan pada windows xp,7,8 dan 10 .semoga bermangfaat.

Posting Komentar untuk "Cara melihat spesifikasi komputer di windows dengan mudah"