Cara mudah mengatasi komputer lemot Tanpa Install Ulang Dengan cepat

cara mengatsi komputer lemot
Komputer Lemot merupakan hal yang lumrah terjadi bila sudah terpakai selama beberapa waktu, dan pengguna komputer tentunya tidak bisa menghindari hal itu, penyebab komputer lambat sangat bermacam-macam, mulai dari serangan virus dari internet atau dari perangkat portable yang di tancapkan pada komputer, bisa juga karena hardware komputer rusak dan lain sebagainya. Mengatasi komputer lemot ada beberapa cara, tergantung di mana letak lemot dari komputer tersebut, kalau misal komputer lambat pada saat dihidupkan, ada cara tersendiri untuk mengatasinya. ada juga lemot setelah di gunakan beberapa menit atau jangka waktu tertentu dan tiba-tima lambat dan ngehank, lalu apa yang harus kamu lakukan.? bagaimana cara mengatasi komputer kalau masalah lemot ini muncul? dengan artikel ini kamu bisa mempraktekan bagaimana caranya mengatasi komputer lemot dengan mudah, saya buatkan artikel ini semudah mungkin di pahami oleh temen-temen agar nantinya mudah di praktekan secara otodidak. berikut ini cara mengatasi kmputer lemot yang harus kamu lakukan :


Kurangnya perawatan pada sistem oprasi (software)

Komputer yang kurang perawatan pada software mungkin tidak di ketahui karena yang di maksut perawatan disini bukan seperti kebersihan komputer dan lainya yang bisa terlihat, yang di maksut kurang perawatan yaitu tidak terawatnya sistem komputer tersebut, seperti sampah yang ada di recycle bin yang tak pernah di hapus, hardisk yang tidak di fragmentasi, start up yang program yang banyak, dan masih banyak lagi, cara mengatasi komputer lemot yang satu ini agan bisa menggunakan software CCleaner, Tune up utility, defragmenter, dan lainya, silakan kamu cari software defragmenter untuk mengatasi hardisk atau tempat penyimpanan yang kurang perawatan sehingga komputer menjadi lemot, atau Tune up utility juga bisa, dan CCleaner untuk mengatasi sampah-sampah data pada komputer yang mungkin sudah tidak di gunakan, dan lainya software gratis lainya yang cocok dan berfungsi seperti yang saya sebutkan di atas.
*baca cara defragment laptop dan komputer

Wajib mengupdate antivirus secara berkala

Virus adalah penyebab komputer lemot yang paling banyak, karena kurangnyaperhatian pengguna komputer untuk sering-sering mengupdate antivirus yang mereka gunakan, Virus bisa datang dari mana saja, mulai dari internet, flasdisk yang tertancap ke komputer yang sudah terinfeksi virus, lan, disket, dan media storage lainya, untuk virus saya hanya punya satu solusi, yaitu gunakan antivirus yang bagus dan jangan lupa untuk mengupdatenya, jika tidak bisa mengupdate sendiri saya sarankan untuk mengupdate di tempat servis komputer terdekat dan yang sudah recomended, untuk antivirus yang bagus saya menyarankan menggunakan software antivirus gratisan keluaran windows yaitu Microsoft Security Essentials yang bisa kamu download disini atau disini pilih untuk windows 7  32 bit atau 64 bit yang anda gunakan, untuk windows 8 dan 10 sudah di sertai windows defender yang sudah setara dengan Microsoft Security Essentials , anda tinggal mengupdatenya saja, saja secara online, atau kamu juga bisa mengupdate secara offline dengan mendownlod file updatenya disini.

*baca cara mengatasi virus iklan di browser 


kerusakan hardware atau perangkat keras

Banyak sekali penyebab komputer lemot karena hardware dan sulit juga untuk idntifikasi kerusakan, tapi untuk sekedar pengetahuan biasanya komputer lemot karena erusakan hardware yaitu kemungkinan Hardisk atau media penyimpanan yang bad sector, Ram yang sudah setengah hidup, prosesor yang cepat panas, kipas yang kurang bagus, kondisi komputer yang kotor, psu yang kurang stabil, dan lain-lain. 


Program terlalu besar dan tidak seimbang pada sepesifikasi standar

Dari semua tips di atas mungkin tidak akan berpengaruh besar jika program yang terinstall pada laptop atau komputer sobat terlalu memaksakan software yang seharusnya tidak cocok untuk laptop dengan spesikasi rendah, dan hal tersebut dapat menyebabkan laptop atau komputer sobat lemot. oleh karena itu carilah terlebih dahulu dengan menebak program yang ukuranya terlalu besar, dan silahkan di uninstall, bagaimana caranya ? silakan baca tipsnya di link di bawah ini.
# Cara uninstall aplikasi atau program pada windows

Mengatasi loading lama saat di hidupkan

Cara mengatasi booting windows yang lama cukup mudah, anda harus mengatur configurasi pada startup windows saja, caranya sebagai berikut :
  • Tekan tombol windows+R pada keyboard atau bisa cari di menu all program>>accesories dan cari menu run.
  • ketikan msconfig dan tekan enter dan jika ada notifikasi administrator klik ok saja.
  • jika sudah tampil menu pengaturan startup, klik tab startup.
  • hilangkan centang program yang tidak di gunakan, saya sarankan startup yang di gunakan antivirus saja.
  • jika sudah klik apply dan ok.
  • jika komputer meminta restart. klik restart dan lihat hasilnya.

Meminimalisir tampilan visual untuk mempercepat kinerja.

Tampilan visual pada windows juga sangat berpengaruh dengan performa laptop yang bisa menjadi lambat, oleh karena itu untuk mengatasi komputer kita yang lemot kita bisa meminimalisir tampilan visual pada windows kita. caranya sebagai beikut :
  • klik menu start.
  • klik kanan my computer dan klik propeerties.
  • jika kamu menggunakan windwos 7 atau 8 klik Advanced system setting. letaknya pada kiri atas jendela.
  • setelah muncul jendela baru. klik setttinng pada tab performance.
  • selanjutnya klik adjust for best performance.
  • klik apply.
  • jika kamu rasa tampilanya terlalu jelek kamu bisa mengaturnya secara manual, yaitu dengan hanya mencentang beberapa box di bawahnya,
  • scroll ke bawah.
  • centang 2 buah pilihan dari paling bawah.
  • dan menu lain yaitu. enable aero peek, enable desktop compotition, dan enable transparent glass. kalian centang dan klik apply
  • untuk mempercepat waktu startup kamu juga bisa merubah pengaturan startup dan recovery.
  • langsung saja klik setting pada startup dan recovery.
  • hilangkan centang time to display operating system dan di bawahnya. atau kalian bisa mengubah waktunya menjadi 3 detik saja. dan klik apply.

Penyebab komputer lemot lainya yang mesti kamu ketahui

Sebagai tambahan saya beri pilihan dan kemungkinan-kemungkinan penyebab laptop agan lemot sebagai berikut:
  • Windows sudah terkena virus.
  • hardisk bad sector.
  • hardisk penuh.
  • hardisk tidak di defrag dan kurang perawatan.
  • spesifikasi kurang tinggi, tetapi software terlalu berat.
Itulah teman-teman sedikit artikel saya tentang bagaimana Cara Agar Laptop tidak lemot, mungkin kamu juga mau membaca tentang cara merawat laptop yang baik dan benar caranya hampir sama dan dari artikel  ini kemungkinan banyak kekurangan dan kesalahan dalam pengetikan atau tutur kata yang kurang bagus mohon untuk di beritahukan sekiranya untuk di perbaiki, cukup sekian semoga bermangfaat , jangan lupa untuk share dan likenya ya.

21 komentar untuk "Cara mudah mengatasi komputer lemot Tanpa Install Ulang Dengan cepat "

Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
Laptop lemot bisa karna panas juga gan
Comment Author Avatar
iya gan.. menyebabkan prosesor dan keselruhan mesin tidak bekerja maksimal
Comment Author Avatar
hmmm pantesan komputer saya lemot . soalnya jarang banget saya rawat gan . thx infonya
Comment Author Avatar
Thanks gan, sangat bermanfaat infonya
Comment Author Avatar
problem ane sih virus gan
Comment Author Avatar
sering di update gan antivirusnya
Comment Author Avatar
Komputer saya lemot gara2 buat maen FM terus gan.. boleh dah tu dicoba masukan dari artikel ini.
Comment Author Avatar
Biasanya sih komputer lemot karena kebanyakan data dan virus sih setahu ane hehe
Comment Author Avatar
kebetulan ane banyak program yang running saat startup, mana drive C: tinggal 2gb lagi hahhaa
Comment Author Avatar
Mantep nih jadi tau saekarang laptop saya akhir-akhir ini agak lemot
Comment Author Avatar
gman cara nginstal windows 10 pada laptop guys?
Comment Author Avatar
terimakasih infonya sangat menarik
salam:
https://www.lauwba.com

Berkomentarlah dengan Baik dan sopan, Jadikan diskusi yang baik, Terimakasih atas partisipasinya.